Triwulan Pertama 2023, Kualitas Kredit Tetap Terjaga 1,2%

- Rabu, 3 Mei 2023 | 22:58 WIB
Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, dalam paparan Analyst Meeting 1stQ 2023 yang diselenggarakan pada Rabu 3 Mei 2023. (ayopontianak,com/dok. bank bjb)
Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, dalam paparan Analyst Meeting 1stQ 2023 yang diselenggarakan pada Rabu 3 Mei 2023. (ayopontianak,com/dok. bank bjb)

BANDUNG,AYOPONTIANAK.COM - Kinerja bank bjb sepanjang triwulan pertama 2023 tetap terjaga seiring perbaikan kondisi ekonomi makro dan juga semakin pulihnya mobilitas disertai dengan perbaikan daya beli masyarakat.

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, dalam paparan Analyst Meeting 1stQ 2023 yang diselenggarakan pada Rabu 3 Mei 2023, menyampaikan, dari sisi makro saat ini konsumsi masyarakat diperkirakan semakin kuat seiring dengan terus naiknya mobilitas, membaiknya keyakinan konsumen, dan meningkatnya daya beli seiring dengan penurunan inflasi.

"Hal ini menjadi sinyal positif terhadap kondisi perekonomian Indonesia, termasuk bisnis bank bjb yang memiliki fokus utama pada segmen konsumer," ucap Yuddy. 

Baca Juga: Cegah Konflik, Menag Yaqut Ajak Ahli Agama Rekontekstualisasi Hukum Agama dan Fikih

Disampaikan Yuddy, hasil survei yang dilakukan Bank Indonesia pun menunjukkan optimisme terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Diproyeksikan, pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2023 sebesar 10,4 persen year on year, tumbuh positif meski tidak setinggi realisasi pertumbuhan kredit di tahun lalu. Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi serta relatif terjaganya risiko dalam penyaluran kredit.

Menurut Yuddy, faktor suku bunga menjadi tantangan bagi sektor perbankan, karena dampak dari kenaikan suku bunga acuan yang sudah naik sebesar 225 basis poin Sejak pertengahan tahun 2022, oleh karenanya perseroan juga fokus dalam mendorong pendapatan lainnya melalui produk layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, produk layanan berbasis teknologi dan wealth management.

Adapun dari sisi kinerja keuangan dan bisnis, pertumbuhan bisnis bank bjb di awal tahun 2023 berfokus mengambil langkah yang lebih selektif untuk pertumbuhan kredit yang berkualitas sekaligus berupaya menjaga yield yang memadai.

Baca Juga: Sukseskan Penyelenggaraan Haji, Ini 6 Layanan Kesehatan Kemenkes di PPIH Arab Saudi

Mengawali 2023, bisnis konsumer bank bjb menyumbang sebagian besar porsi penyaluran kredit yang dilakukan terus bertumbuh dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) yang terjaga sangat baik, didorong baik oleh kredit kepada pegawai berpenghasilan tetap dan aktif, pra pensiun maupun pensiunan.

Menurut Yuddy, di tengah tantangan ekonomi, suku bunga kredit yang diberikan perlu terus mengikuti perkembangan kondisi pasar yang ada dengan melakukan repricing untuk menjaga margin yang sehat. Namun demikian implementasinya dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kemampuan bayar debitur dan menjaga kualitas kredit tidak menjadi NPL atau kredit macet.

Kinerja keuangan sampai dengan posisi 31 Maret 2023, secara konsolidasi beserta anak perusahaan, pertumbuhan Kredit dan Pembiayaan year on year tumbuh sebesar 10,8 persem menjadi Rp116,45 trilliun, dengan pertumbuhan pada seluruh segmen kredit baik konsumer maupun business segmen.

Baca Juga: Lepas Ekspor Perdana Makanan Siap Saji Jemaah Haji ke Saudi, Menag: Ini Terobosan Penting

Mengimbangi kebijakan suku bunga acuan yang terus mengalami kenaikan untuk mengantisipasi tekanan inflasi yang ada, bank bjb pun terus melakukan manajemen likuiditas yang baik agar likuiditas tetap ample dengan biaya dana yang manageable, sehingga lebih efisien dalam biaya dana. 

Berbagai kondisi keuangan bank bjb yang semakin membaik tersebut, didukung berbagai perbaikan di sektor kredit. Kredit konsumer tumbuh 5,8 persen year on year menjadi Rp66,2 trilliun yang merupakan segmen dengan porsi terbesar, 61,1 persen terhadap total kredit yang disalurkan.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Panduan Lengkap Investasi Sukuk SR020 via BRImo

Jumat, 8 Maret 2024 | 20:23 WIB

BRImo: Teman Setia Bayar Premi Asuransi Kesehatan Anda

Selasa, 20 Februari 2024 | 13:05 WIB
X