Prospek Menjamurnya Warung Kopi, Wako Edi Ajak Masyarakat Tanam Pohon Kopi di Lahan Tidur

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 23:40 WIB
Wako Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat memanen kopi perdana di Gang Flores, Pontianak Utara. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)
Wako Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat memanen kopi perdana di Gang Flores, Pontianak Utara. (ayopontianak.com/dok. Prokopim Pemkot Pontianak)

PONTIANAKUTARA,AYOPONTIANAK.COM– Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan tidur dengan menanam tanaman yang memiliki nilai keekonomian. Sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat.

Ia mencontohkan pemanfaatan lahan gambut di Gang Flora, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara seluas dua hektare yang ditanami 1.200 pohon kopi telah berhasil berbuah dan siap panen. 

“Masyarakat bisa ikut mencoba untuk bercocok tanam kopi, atau tanaman lainnya sesuai dengan kondisi tanahnya dengan memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur,” ujarnya usai memanen kopi di Gang Flores.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Sektor Pertanian, bank bjb Raih Penghargaan Kementan RI

Terkait pohon kopi sendiri, Wako Edi mengatakan, biji kopi bisa menjadi pilihan mengingat prospek pasarnya di Kota Pontianak sangat tinggi seiring dengan menjamurkan warung kopi. Sehingga membuat kebutuhan biji kopi menjadi tinggi.

Apalagi, lanjutnya, bercermin dari keberhasilan penanaman pohon kopi di Gang Flores menandakan lahan di sana memang cocok untuk ditanami pohon kopi

"Kalau kita perhatikan hampir semua pohon ini berbunga dan berbuah, artinya lahan di sini cocok untuk kopi jenis liberika dan mungkin juga robusta," ujarnya.

Selain ditanami kopi, lahan yang masih bergambut ini juga ditanami pohon peneduh seperti tanaman petai, jengkol dan lainnya. Sebab, lanjut Edi, tanaman atau pohon kopi harus terlindungi sehingga biji kopi yang dihasilkan kualitasnya lebih baik.

Baca Juga: Petjah! Farel Prayoga Goyang HUT ke-77 RI Saat Bawakan Lagu Ciptaan Abah Lala

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Sukseskan Kawasan Bakauheni Harbour City

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:10 WIB

Strategi Komunikasi Dukung Kinerja Bisnis Bank BTN

Sabtu, 12 November 2022 | 11:15 WIB

Kinerja Kuartal III 2022, Laba BTN Naik 50 Persen

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:34 WIB

Saat Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:15 WIB
X