Komanda Sukses Sulap TPA Batu Layang Jadi Bukit Hijau

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:54 WIB
TPA Batu Layang mulai menjelma menjadi bukit hijau berkat Komanda. (ayopontianak.com/dolk. DLH Kota Pontianak)
TPA Batu Layang mulai menjelma menjadi bukit hijau berkat Komanda. (ayopontianak.com/dolk. DLH Kota Pontianak)

PONTIANAKUTARA,AYOPONTIANAK.COM-- Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus berusaha membenahi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Batu Layang. Salah satunya dengan mencoba menyulap tempat yang memiliki kesan bau dan kumuh menjadi bukit hijau.

Kepala UPT TPA Batu Layang, Irwan Roesdie mengatakan, cara yang ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan meluncurkan inovasi Koleksi Taman Berpindah (Komanda). Dimana prosesnya sudah dimulai sejak 2020 lalu.

"Tahun 2020 dimulai dengan proses pengurukan. Di 2021 mulai ditanami dan kita bisa lihat kondisinya sekarang ada dua bukit utama yang sudah hijau. Di situ juga ditanami beberapa tanaman endemik. Salah satunya pohon belian oleh Wali Kota," jelas Irwan.

Baca Juga: Dukung Dunia Pendidikan, bank bjb Kolaborasi dengan Universitas Indonesia

Dengan Komanda, lanjutnya wajah TPA Batu Layang kini menjadi tertata dan menarik untuk dikunjungi. Sebelumnya, sampah-sampah menggunung di atas lahan gambut seluas 26,6 hektar. Kini, gunung sampah itu berubah menjadi bukit-bukit hijau yang sedap dipandang mata.

TPA Batu Layang sendiri berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional, Kelurahan Batu Layang, Pontianak Utara. Berada di posisi antara Parit Madura di sebelah barat dan Parit Musa sebelah timur. Dengan kondisi terbuka, TPA Batu Layang menampung 1.619.000 kubik sampah per tahun dari seluruh penjuru Kota Pontianak.

Irwan Roesdie menjelaskan, sebelumnya, vegetasi tanaman penutup lahan hanya berupa tanaman pakis, keladi, ubi kayu, nanas, jagung, pisang dan bermacam jenis rerumputan. Kondisi yang masih jauh ideal sebagai zona penyangga. Bukit sampah itu menimbulkan aroma tak sedap yang tercium hingga ke rumah warga sekitar.

Baca Juga: Setelah Enam Tahun Pembangunan, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Diresmikan Presiden Jokowi

"Masalahan bau ini yang menjadi fokus inovasi. Kini selain perdu, ada ribuan pohon berbagai jenis tumbuh di kawasan TPA. Bau mulai menghilang. Sehingga warga mau dan betah berkunjung ke TPA Batu Layang, baik untuk studi banding, penelitian atau sekadar tukar-menukar bibit tanaman," jelasnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Pemkot Pontianak

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Sukseskan Kawasan Bakauheni Harbour City

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:10 WIB

Strategi Komunikasi Dukung Kinerja Bisnis Bank BTN

Sabtu, 12 November 2022 | 11:15 WIB

Kinerja Kuartal III 2022, Laba BTN Naik 50 Persen

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:34 WIB

Saat Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:15 WIB
X