Sejumlah Daerah Gelar Percepatan Program Vaksinasi hingga Tingkat Perkampungan

- Senin, 6 September 2021 | 17:12 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 (Dok.dinkes.cehprov.go.id)
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 (Dok.dinkes.cehprov.go.id)

YOGYAKARTA, AYOPONTIANAK.COM -- Hampir seluruh daerah di tingkat nasional sedang melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan yang semakin merembet ke pedesaan dan daerah pedalaman.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah mulai melakukan penyisiran terhadap warga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 melalui RT/RW. Dari hasil penyisiran, percepatan vaksinasi Covid-19 pun dilakukan di tingkat kampung/kelurahan.

"Itu mencakup siapa saja yang belum divaksin, termasuk sasaran usia 12 tahun ke atas, difabel, lansia, warga luar kota yang domisili di Kota Yogya dan warga Kota Yogya sendiri yang belum vaksin," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Minggu (5/9/2021), dilansir dari Republika.

Baca Juga: Indonesia Datangkan 5 Juta Vaksin Sinovac Hari Ini

Dalam percepatan vaksinasi, pihaknya sudah meningkatkan sasaran mencapai 10 ribu dosis vaksin yang disuntikkan per harinya. Sehingga, per pekannya ada 50 ribu sampai 70 ribu dosis vaksin yang disuntikkan ke masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi juga diperkuat di fasilitas pelayanan kesehatan. Termasuk di empat sentra vaksinasi massal yang sudah disiapkan, seperti di PDAM Tirtamarta, BPBD Kota Yogyakarta, XT Square dan SMA Negeri 7 Yogyakarta.

"Kecepatan vaksinasi sudah ditingkatkan, yang semula reguler 2.300 per hari atau 14.000 per minggu, mulai Agustus menjadi 50 ribu sampai 70 ribu per minggu atau 10 ribu per hari. Dilakukan melalui 18 puskesmas, 14 rumah sakit, dua klinik, serta empat sentra vaksinasi, dan pelaksanaan di wilayah kampung/kelurahan," ujarnya.

Baca Juga: Kriminolog Sebut Orang Tua yang Congkel Mata Anaknya Harus Dihukum Berat

Secara keseluruhan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 485 orang. Dari jumlah tersebut, 36 persen merupakan warga yang ber-KTP Kota Yogyakarta dan 64 persen merupakan warga yang tidak ber-KTP Kota Yogyakarta, namun berdomisili di Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Thovan Sugandi

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rights Issue BTN Oversubscribed 1,6 Kali

Jumat, 6 Januari 2023 | 11:20 WIB

BTN Bersiap Luncurkan "SuperApp" Awal Tahun 2023

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:40 WIB
X